Otomatisasi
perkantoran adalah semua sistem informasi formal dan informal terutama yang
berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada di
dalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi perkantoran
merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan
proses pelaksanaan pekerjaan.Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia “otomatisasi” berarti penggantian tenaga manusia dengan tenaga
mesin yang secara otomatis melakukan dan mengatur pekerjaan sehingga tidak
memerlukan lagi pengawasan manusia.
Otomatisasi kantor terdiri atas semua
sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi
informasi kepada dan dari orang yang berada di dalam maupun di luar perusahaan.
B.
KATEGORI PEMAKAI OTOMATISASI PERKANTORAN
1. Manajer, adalah
orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber
daya manusia.
2. Profesional,
yakni tidak mengelola orang tetapi menyumbang keahlian khususnya (mis. Pembeli,
wiraniaga, dan asisten staff khusus). Manajer dan profesional secra bersama
dikenal sebagai pekerja terdidik.
3. Sekretaris,
biasanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai
tugas menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4. Clerical Employee
(pegawai administratif) melaksanakan tugas untuk-tugas untuk
sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen dan
mengirimkan surat.
C. KONSEP-KONSEP OTOMATISASI PERKANTORAN
1. Proses yang terjadi di perkantoran seperti halnya
proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi.
2. Otomatisasi kantor berevolusi dari
aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang
terencana dan terpadu (IOAS – Integrated Office Automation System)
3. Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan
pengiriman informasi.
4. Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode
komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
D.
MANFAAT OTOMATISASI PERKANTORAN
Otomatisasi perkantoran merupakan kaitan berbagai
komponen dalam menangani informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan
memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara
minimal. Dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah
digunakan, dipindahkan, dan dirawat.
E.
TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi
adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat
lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh
dapat dibedakan atas tiga macam:
1.
Komunikasi Satu Arah
(Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi
tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.
Contoh : Pager, televisi , dan
radio .
2.
Komunikasi Dua Arah (
Duplex ). Dalam komunikasi dua arah ( Duplex ) pengirim dan penerima informasi
dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh
: Telepon dan VOIP.
3.
Komunikasi Semi Dua
Arah ( Half Duplex ). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex )pengirim dan
penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap
berkesinambungan. Contoh : Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
F.
PERSONAL COMPUTER (PC) / KOMPUTER PRIBADI
Istilah komputer pribadi (PC – Personal Computer)
pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam
artikel berseri yang berjudul “The World in 1984” (Dunia pada Tahun 1984) dalam
“The Banishement of Paper Work” (Hilangnya Pekerjaan Tulis Menulis). Arthur L.
Samuel dari Pusat Penelitian Watson (Watson Research Center)nya, IBM menulis,
“Meskipun mungkin saja kita dapat memperoleh pendidikan di rumah melalui PC
orang tersebut sendiri, sifat asli manusia tetap tak akan berubah”.
Personal Computer adalah seperangkat komputer yang
digunakan oleh satu orang saja (pribadi), biasanya digunakan di rumah, kantor,
toko bahkan dimana saja karena saat ini sudah tersedia PC dengan berbagai jenis
dan harga yang terjangkau.
G. MACAM-MACAM APLIKASI OTOMATISASI PERKANTORAN
1. Word Processing
Word processing adalah
penggunaan suatu peralatan elektronik yang secara otomatis melakukan beberapa
tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.
2. Electronic Mail (e-mail)
/ Surat Elektronik (Surel)
Electronic mail yang
dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan
pemakai untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan
terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
3. Voice Mail
Voice mail persis
sama dengan electronic mail. Perbedaannya bahwa hanya mengirimkan pesan
dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya. Dan
menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan.
4. Electronic Calendaring
Electronic calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk
menyimpan dan menjadi pengingat (alarm) acara yang telah ditetapkan oleh manajer. Electronic
calendaring bersifat khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, karena ia
hanya menyusun terjadinya komunikasi bukan mengkomunikasikan informasi.
5. Facsimile
Transmission
Facsimile transmission yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang
dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat
salinan atau copy di ujung yang lain. Fax sangat mudah
diimplementasikan dan dioperasikan.
REFERENSI
1.
Rahman,
Saiful. 2013. Otomatisasi Kantor. http://saifulrahman.lecture.ub.ac.id/files/2013/04/Otomatisasi-Kantor.pdf. Diakses 20 Maret 2015
(09.00)
2.
Ardianysah,
Deva. 2013. Pengertian dan Fungsi Personal Computer (PC) Beserta Perkembangannya.
pakdevakeren.blogspot.in/2013/08/pengertian-dan-fungsi-personal-computer.html?m=1.
Diakses 21 Maret 2015 (21.00)
3.
Putra,
Candra Adi. 2013. Wearable Computer. www.candra.web.id/2013/02/28/wearable-computer/. Diakses 21 Maret (21.30)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar